PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA TEMA TEMPAT UMUM PADA MATERI KEGUNAAN BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR

MIA RAHMAYANTI MANAF, 115060025 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA TEMA TEMPAT UMUM PADA MATERI KEGUNAAN BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.docx

Download (30kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK indonesia.docx

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK OF ENGLISH.docx

Download (18kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.docx

Download (334kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN SARAN REKOMENDASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena kerjasama dan prestasi belajar peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan karena pada pembelajaran IPA di SD Negeri Ciwidey 01, guru masih menggunakan metode konvensional sehingga peserta didik masih tidak aktif dan kerjasama peserta didik dengan peserta didik yang lain masih sangat kurang. Penelitian ini dirumuskan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh gambaran mengenai pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menerapkan model Numbered Heads Together (NHT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pelaksanaan 2 siklus. Design penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis dan Mc.Taggart(1998/199:13). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas II SD Negeri Ciwidey 01 yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, penilaian diri, dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan beberapa hasil berikut: Pelaksanaan model Numbered Heads Together (NHT) pada siklus I masih terdapat kekurangan karena guru belum dapat menyampaikan materi dan penggunaan sintak NHT belum optimal. Sedangkan pada siklus II pelaksanaan NHT sudah baik. Untuk prestasi belajar peserta didik (kemampuan awal) pada siklus I 28,58% sehingga dikatakan belum berhasil dai KKM yang telah ditentukan sedangkan pada siklus II sebanyak 71,42% dikatakan tuntas. Pada respon peserta didik terhadap penggunaan model Numbered Heads Together (NHT) sebanyak 72% merasa setuju, 18,92% tidak tahu, dan 8,21% setuju pada siklus I, sedangkan pada siklus II peserta didik merasa setuju 89,28%, tidak tahu 4,28% dan tidak setuju 6,42%. Dilihat dari aktivitas belajar peserta didik siklus I dengan rata-rata 76% dan siklus II dengan persentase 90%. Pada dokumentasi pembelajaran yang disiapkan oleh guru siklus I dengan persentase 77,5% dan siklus II dengan persentase 92,5%. Adapun aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I dengan persentase 77,5% dan siklus II 87,5%. Prestasi peserta didik siklus I dengan persentase 60,71% dan mengalami peningkatan pada siklus II 85,71% setelah menggunakan model Numbered Heads Together (NHT). Dari hasil persentase tersebut, penerapan model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar dalam pembelajaran IPA tema tempat umum pada materi kegunaan benda di lingkungan sekitar. Keywords : NHT, kerjasama, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Jul 2016 15:16
Last Modified: 28 Jul 2016 15:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6840

Actions (login required)

View Item View Item