PENGELOLAAN APLIKASI LAPOR DALAM MENDUKUNG LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BANDUNG

PUTRA, TRENALDI CULIAWAN (2023) PENGELOLAAN APLIKASI LAPOR DALAM MENDUKUNG LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) merupakan sebuah inovasi yang dihadirkan dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat dalam menyalurkan aspirasi dan pengaduan terkait pelayanan publik. Aplikasi LAPOR ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang berpedoman pada Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015. Begitu juga dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung yang memiliki peran sentral dalam pengelolaan Aplikasi LAPOR di Kota Bandung, mengharuskan upaya yang maksimal dalam mengelola segala bentuk laporan yang masuk. Adapun penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana Pengelolaan Aplikasi LAPOR dalam mendukung Layanan Pengaduan Masyarakat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bersifat deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif serta teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pengelolaan Aplikasi LAPOR dalam mendukung Layanan Pengaduan Masyarakat di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung sudah berjalan cukup optimal. Hal itu dikarenakan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung dipercaya sebagai leading sector pengelolaan Aplikasi LAPOR di Kota Bandung, adanya tim khusus dalam pengelolaan Aplikasi LAPOR, adanya RENAKSI LAPOR Kota Bandung 2021- 2024 sebagai bentuk perencanaan jangka panjang, ketersedian sarana dan prasarana yang memadai, adanya laporan, adanya MONEV sebagai bentuk pengawasan khusus pengelolaan pengaduan, dan adanya kegiatan evaluasi yang rutin dilakukan bersama seluruh OPD di Kota Bandung. Namun juga masih terdapat satu hambatan yang perlu untuk diselesaikan, hambatan tersebut adalah rotasi maupun mutasi SDM yang dimiliki oleh setiap OPD di Kota Bandung, terkhususnya SDM yang diberikan tugas khusus sebagai admin pengelola Aplikasi LAPOR. Kata Kunci: Pengelolaan, Pelayanan Publik, LAPOR

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:38
Last Modified: 29 Sep 2023 06:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66112

Actions (login required)

View Item View Item