Bella, Audrey Anastasya, 195030062 (2023) IMPLEMENTASI METODE HYPNOTEACHING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS INSPIRATIF BERORIENTASI PADA STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMPN 21 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACK_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf Download (642kB) | Preview |
|
Text
BAB III_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf Restricted to Repository staff only Download (704kB) |
||
Text
BAB IV_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_195030062_AUDREY ANASTASYA BELLA.pdf Download (277kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena ada beberapa permasalahan yang kerap dialami oleh peserta didik saat akan menulis teks cerita inspiratif, yaitu peserta didik seringkali merasa kesulitan untuk mendapatkan ide dan mengembangkannya suatu ide tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam metodologi penelitian, penting untuk memperhatikan etika penelitian dan memastikan bahwa penelitian dilakukan dengan integritas dan objektivitas. Penulis menunjukkan kemampuan yang sangat baik dalam merencanakan pembelajaran menulis teks cerita inspiratif menggunakan metode Hypnoteaching. Adapun hasil penelitian: 1)Penulis memperoleh skor nilai 3,79 untuk penilaian perencanaan pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa penulis memiliki kemampuan yang sangat baik dalam merencanakan pembelajaran. 2)Peserta didik menunjukkan kemampuan dalam menulis teks cerita inspiratif menggunakan metode Hypnoteaching. Hal ini dapat dikonfirmasi melalui hasil uji Wilcoxon signed rank yang dilakukan pada data pretest dan posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil statistik uji, kelas eksperimen memperoleh nilai asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menulis teks cerita inspiratif menggunakan metode Hypnoteaching mengalami peningkatan. 3) metode Hypnoteaching pada peserta didik kelas IX SMPN 21 Bandung berhasil meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik. Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen yang menerima perlakuan penerapan metode Hypnoteaching mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan denganrata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol yang tidak menerima perlakuan penerapan metode Hypnoteaching. Ini menunjukkan bahwa metode Hypnoteaching efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik dalam menulis teks cerita inspiratif. Kata Kunci: Menulis Teks Cerita Inspiratif, dan Metode Pembelajaran Hypnoteaching
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 03:50 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 03:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65161 |
Actions (login required)
View Item |