MAULANA, MUHAMAD FIKRI, 195030067 (2023) PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS ULASAN BERFOKUS PADA STRUKTUR DAN KEBAHASAAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PODCAST DI KELAS VIII SMPN 17 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
3. Lembar Penguji Skripsi.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
|
Text
18. Daftar Pustaka.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: kemampuan penulis dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menyimak teks ulasan berfokus pada struktur dan kebahasaan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media podcast, kemampuan peserta didik sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran tersebut, serta perbedaan kemampuan peserta didik antara kelas kontrol dan eksperimen dalam pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penulis mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan baik, dengan nilai 3,8; 2) sebelum diterapkan pembelajaran, peserta didik belum mampu dalam menyimak teks ulasan berfokus pada struktur dan kebahasaan, kecuali hanya 2 peserta didik dari kelas eksperimen yang mencapai nilai di atas KKM, sedangkan sisanya masih di bawah KKM sebanyak 27 peserta didik; 3) setelah diterapkan pembelajaran, peserta didik sudah mampu dalam menyimak teks ulasan berfokus pada struktur dan kebahasaan, dengan 19 peserta didik dari kelas eksperimen yang mencapai nilai di atas KKM, sementara 10 peserta didik lainnya masih di bawah KKM; 4) selain itu, terdapat perbedaan kemampuan peserta didik antara kelas kontrol dan eksperimen dalam menyimak teks ulasan berfokus pada struktur dan kebahasaan, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 pada uji Mann-Whitney. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyimak teks ulasan berfokus pada struktur dan kebahasaan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media podcast di kelas VIII SMPN 17 Bandung berhasil menunjukkan perbedaan dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Menyimak, Teks Ulasan, Model Problem Based Learning, dan Podcast.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 16 Sep 2023 06:42 |
Last Modified: | 16 Sep 2023 06:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65100 |
Actions (login required)
View Item |