AMIR , KAMILIA MUTIARA, 195030061 (2023) PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MEMPERHATIKAN UNSUR PEMBANGUNYA BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA PESERTA DIDIK SMP PASUNDAN 7 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACK.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
9. RINGKESAN.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (624kB) | Preview |
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) |
||
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (517kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis khususnya menulis teks puisi. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang merasa tidak percaya diri, sulit menentukan pilihan kata terhadap tulisan, serta kurang kreatif metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat menumbuhkan kreativitas peserta didik yaitu: metode contextual teaching and learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: kemampuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran menulis teks puisi menggunakan metode contextual teaching and learning (ctl), kemampuan peserta didik dalam menulis puisi, kemampuan peserta didik dalam menulis puisi menggunakan metode contextual teaching and learning (ctl), perbandingan peserta didik sebelum diberi metode contextual teaching and learning dan sesudah diberi perlakuan metode contextual teaching and learning (ctl). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan bentuk true experimental pretestposttest control group design. Adapun hasil penelitian yaitu: 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks puisi menggunakan metode contextual teaching and learning dengan nilai 3,7. 2) kondisi peserta didik sebelum diberi perlakuan metode contextual teaching and learning. 3) kondisi peserta didik setelah diberi metode contextual teaching and learning. 4) perbedaan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan metode contextual teaching and learning. Kata kunci: Menulis, Teks Puisi, Metode Contextual Teaching and Learning, media canva
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 08:04 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 08:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/65020 |
Actions (login required)
View Item |