Kamila,Saffana Dhiya, 185060013 (2023) PERANAN PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENCAPAI HASIL BELAJAR SISWA SD DI KECAMATAN BOJONGLOA KIDUL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
2. lembar pengesahan.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
8. Ringkesan.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab I.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
11. Bab II.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text
12. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
||
Text
13. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
Text
14. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan media Google Classroom dengan pelaksanaan penelitian pada kelas tinggi di SDN 200 Leuwipanjang dan SDN 148 Cibaduyut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui angket yang diambil dari rumusan masalah. Angket tersebut berisi pertanyaan mengenai peranan penggunaan media Google Classroom, nilai rata-rata hasil ulangan harian matematika sebelum pandemi COVID-19, langkah-langkah penggunaan media Google Classroom yang dilakukan oleh siswa dan guru, hasil pembelajaran matematika setelah belajar menggunakan media Google Classroom pada siswa, kesulitan yang dialami oleh siswa dan guru saat pembelajaran menggunakan media Google Classroom. Sampel penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas tinggi dan guru, namun siswa SD dianggap belum mampu untuk mengisi angket yang dibutuhkan oleh peneliti maka dari itu orang tua siswa lah yang mengisi angket. Jumlah siswa yang menjadi sampel penelitian berjumlah 201 responden yang menggunakan teknik sampel tabel Krejcie dan Morgan, serta jumlah guru yang menjadi sampel penelitian berjumlah 19 orang. Teknik pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Uji Mean Score atau uji ratarata. Hasil penelitian ini adalah setelah menggunakan media Google Classroom menunjukan bahwa rata-rata nilai hasil belajar ulangan harian Matematika pada siswa mengalami peningkatan secara singnifikan dan diatas KKM. Maka dapat disimpulkan, penggunaan media Google Classroom berperan dengan baik untuk mencapai hasil belajar siswa, khususnya pada kelas tinggi. Kata Kunci: Google Classroom, Hasil Belajar, Siswa, Guru
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 02:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 02:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62038 |
Actions (login required)
View Item |