ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA WHATSAPP DI SEKOLAH DASAR

Ramadhan, Lukman, 175060065 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA WHATSAPP DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Sunda.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya cara berpikir kritis yang dimiliki siswa menjadikan siswa kurang beradaptasi dengen tantangan zaman yang semakin maju, pemecahan masalah yakni hal yang paling penting dimiliki setiap manusia, ditambah pada saat ini dunia diguncang oleh sebuah wabah Covid-19. Dampak dari pemdemi tersebut terasa diberbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan ikut terkena imbasnya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis pada siswa melalui pembeljaran dengan media Whatsapp. Pembelajaran jarak jauh menggunakan media Whatsapp merupakan salah satu metode belajar yang sedang dilaksanakan diberbagai daerah di indonesia, dan merupakan salah satu cara belajar dimasa pandemi Covid-19. Pada kondisi seperti ini cara berpikir siswa Sekolah Dasar sangta ditentukan oleh media pembelajaran yang digunakan setiap sekolah. Salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan cara berpikir krtits siswa Sekolah Dasar yaitu dengan aplikasi Whatsapp. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan menggunakan metode dokumentasi. Teknik penggumpulan data penelitian ini menggunakan editing dan organizing, dan untuk analisis data menggunakan teknik dedeuktif. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis dapat disimpulan bahwa hasil dalam pembelajaran jarak jauh menggunakan media Whatsapp dapat meningkat kemampuan berpikir kritis siswa. Karena dengan menggunakan media Whatsapp dalam pembelajaran, siswa akan mudah menerima, mengirim tugas, berdiskusi, dan absensi. Whatsapp dalam penggunaannya sangat mudah digunakan karena efektif dan terdapat fasilitas atau fitur yang memudahkan peserta didik dan guru melakukan proses pembelajaran jarak jauh. Kata Kunci: Berpikir kritis, Whatsapp

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Jan 2022 09:05
Last Modified: 28 Jan 2022 09:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55437

Actions (login required)

View Item View Item