Kristiowati, Yuli, 175060054 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Kepustakaan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. 175060054_Cover Skripsi.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
2. 175060054_Lembar Pengesahan.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
7. 175060054_Absrak Indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
8. 175060054_Absrak Inggris.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
9. 175060054_Absrak Sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
13. 175060054_BAB 1.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
14. 175060054_BAB II.pdf Download (233kB) | Preview |
|
Text
15. 175060054_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
Text
16. 175060054_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
Text
17. 175060054_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
18. 175060054_Daftar Pustaka.pdf Download (242kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan menggunakan metode ceramah sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa rendah masih dibawah KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep model pembelajaran Discovery Learning, penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran, dan hubungan model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Studi Kepustakaan dengan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan pengumpulan data pustaka dengan membaca, mendalami, mencermati, menelaah serta mengolah bahan penelitian. Sumber data yang digunakan yaitu sumber skunder dan tersier yang bersumber dari jurnal, buku-buku, laporan, dan sumber lain yang relevan. Teknik pengumpuan data yang digunakan yaitu editing, organizing, dan finding. Serta analisis data yang digunakan peneliti analisis data deduktif dan interpretatif. Berdasarkan hasil analisisnya model pembelajaran discovery learning merupakan model penemuan dengan proses pembelajaran guru sebelumnya memberi stimulus kepada siswa untuk meningkatkan rasa ingin tahunya, maka siswa menemukan permasalahan yang sedang dihadapinya dengan mandiri dan membuat siswa ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Didalam penerapan model pembelajaran discovery learning pun memiliki langkah-langkah yang terarah sehingga menghasilkan hasil belajar yang optimal. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 08:19 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 08:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55351 |
Actions (login required)
View Item |