PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Sekolah Kelas IV SD Negeri 023 Pajagalan Bandung)

Trisdian, Rian, 175060031 (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Sekolah Kelas IV SD Negeri 023 Pajagalan Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I RIAN TRISDIAN.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II RIAN TRISDIAN.pdf

Download (952kB) | Preview
[img] Text
BAB III RIAN TRISDIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB IV RIAN TRISDIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB V RIAN TRISDIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar dengan menggunakan media visual pada masa pandemic covid-19. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang dilakukan secara tidak langsung (tatap muka), kurangnya memanfaatkan media, kurangnya penjelasan yang disampaikan oleh guru. Media menjadi salah satu komponen penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV SD Negeri 023 Pajagalan Bandung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa, yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan bentuk Pretest-protest control grup desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dengan teknik pengolahan data uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran Visual terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,019<0,05 yang diartikan bahwa Ho ditolak atau terdapat pengaruh penggunaan media Visual terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen memperoleh peningkatan sebesar 44,39% dan kelas kontrol sebesar 40,27%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Visual dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa sekolah dasar kelas IV SDN 023 Pajagalan Bandung. Kata kunci : Media Visual, Hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mrs Nikita -
Date Deposited: 06 Jan 2022 03:02
Last Modified: 06 Jan 2022 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54906

Actions (login required)

View Item View Item