PERANCANGAN SISTEM IDENTITAS VISUAL CITY BRANDING “BANDUNG KOTA KREATIF”. Raden Agung Angly Wibawa – 156010014

Raden Agung Angly Wibawa, Henry H Loupias,. M.Sn (2021) PERANCANGAN SISTEM IDENTITAS VISUAL CITY BRANDING “BANDUNG KOTA KREATIF”. Raden Agung Angly Wibawa – 156010014. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img] Text
01 Cover.docx

Download (3MB)
[img] Text
04 abstrak.docx

Download (18kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (71kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (329kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text
Bab V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (15kB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Kota kreatif adalah konsep yang muncul di akhir abad 20. Kota kreatif memiliki konteks spesial terkait kreativitas, pencarian kreativitas individual dan industri, serta menyarankan potensi pembangunan ekonomi. Kota Bandung dinobatkan menjadi salah satu kota terkreatif di Asia Timur pada forum Creative Cities International Meeting di Yokohama. Selain itu British Council menjadikan Kota Bandung sebagai proyek percontohan kota kreatif di Asia. Disaat Bandung telah dikenal sebagai Kota Kreatif, Bandung membutuhkan sebuah identitas visual. Tujuan dari perancangan ini untuk membuat sistem identitas visual Kota Bandung sebagai kota kreatif dan mengaplikasikannya melalui media yang sesuai dan efektif kepada masyarakat Kota Bandung maupun dari luar kota. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara, studi literatur, kuesioner dan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Konsep perancangan identitas visual ini terdiri dari logo dimana logo ini gabungan antara logotype dan tagline. Logotype berupa huruf BDG dimana ini singkatan dari kata Bandung, serta dengan tagline “Great City, A Lot Creativity” sebagai pesan utama yang ingin disampaikan. Pengaplikasian media dibuat bertujuan untuk memperkenalkan tiga potensi kreatif di Kota Bandung diantaranya People, Place, Ideas diwakili dengan ikon-ikon dan elemen visual yang mencerminkan sebuah kreativitas dari sebuah kota. Pengenalan logo dan sistem identitas visual Bandung kota kreatif kepada masyarakat ini dibuat agar dapat memperkuat brand image Bandung sebagai kota kreatif dengan tiga potensi besar yang dimiliki oleh Kota Bandung. Hasil perancangan ini berupa Graphic Standard Manual sistem identitas visual city branding “Bandung Kota Kreatif” yang di dalamnya berupa konsep pembuatan logo, elemen visual, ikon-ikon mengenai Bandung sebagai Kota Kreatif. Kata Kunci : City Branding, Kota Bandung, Kota Kreatif, Identitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2021
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:51
Last Modified: 15 Jun 2021 06:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52165

Actions (login required)

View Item View Item