Penerapan Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMA

Linda, NPM. 138060092 (2016) Penerapan Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
0 Abstrak.docx

Download (31kB)
[img] Text
abstrak inggris.docx

Download (19kB)
[img] Text
abstrak sunda baru.docx

Download (17kB)
[img] Text
Daftar pustaka.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (58kB)

Abstract

ABSTRAK (B. INDONESIA) Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah Project-Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa, untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan Project-Based Learning (PjBL) dan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran Project-Based Learning (PjBL).. Metode penelitian ini adalah metode gabungan (mixed method) dengan Embedded design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 2 Gunungputri Kabupaten Bogor, adapun sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model Pembelajaran Project-Based Learning dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran ekspositori. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman matematis, pedoman observasi, pedoman wawancara dan skala angket. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap data tes awal, tes akhir, dan gain ternormalisasi kemampuan pemahaman matematis, serta terhadap data tes kedua kelompok dilakukan uji perbedaan rerata antara dua populasi dengan uji t. Analisis kualitatif dilakukan untuk menelaah aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran Project-Based Learning dan sikap siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model Pembelajaran Project-Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Project-Based Learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori dan Respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Project-Based Learning adalah positif. Kata kunci: Pembelajaran matematika menggunakan Project-Based Learning, pemahaman matematis siswa dan aktivitas siswa. ABSTRAK (B. SUNDA) Pikeun nangtukeun kagiatan guru sareng siswa dina kagiatan Pembelajaran Berbasis Proyek sareng pikeun nangtukeun sikap siswa arah diajar Pembelajaran Berbasis Proyek. metoda ieu panalungtikan mangrupa metoda gabungan (metoda dicampur) sareng design study. Populasi ulikan ieu sadayana siswa kelas XI SMA N 2 Gunungputri Bogor, sedengkeun sampel kelas XI IPA 3 salaku kelas sareng kelas ékspérimén siswa XI IPA 2 salaku kontrol a. Kelompok ékspérimén diajar model Pembelajaran Berbasis Proyek sareng kelompok kontrol diajar make expository. Pikeun meunangkeun data panalungtikan digunakeun instrumén dina wangun test pangabisa pamahaman matematik, tungtunan pikeun observasi, wawancara sareng skala angkét Linkert. Data dianalisis quantitatively sareng qualitatively. Analisis kuantitatif ieu ipidamel dina tés awal, tes ahir, sareng pamahaman gain dinormalisasi pangabisa matematik, kitu ogé ngalawan dua golongan data test nguji béda mean antara dua populasi ku t-test. Analisis kualitatif ieu ipidamel pikeun nalungtik kagiatan guru sareng siswa satuntung pangajaran sareng sikap siswa diajar model Pembelajaran Berbasis Proyek. Hasilna némbongkeun yén pamahaman ngaronjat tina kamampuh matematik siswa anu narima model Pembelajaran Berbasis Proyek leuwih hade tinimbang siswa anu meunang anu make siswa expository, sareng response ka palaksanaan matematik diajar model Pembelajaran berbasis Proyek nyaéta pembelajaranana lebih onjoy. Pungkasing panalungtikan kuring ngadugikeun saran ka para siswa supaya migawe sorangan tugas proyekna, ka para sekola supaya nyayajiken sarana jeng prasarana piken pamalengtek nusejen supaya malentek deni masalah sejen nu teu ditaliti di dieu, ka para guru matematik, supaya efektif nerapken pembelajaran berbasis proyek. Konci: Diajar matematika nganggo Pembelajaran Berbasis Proyek, pamahaman matematik siswa sareng aktivitas siswa. ABSTRAK (B. INGGRIS) This research aims to reveal whether Project-Based Learning (PPA) can improve students' mathematical understanding,to determine the activities of teachers and students in Project-Based Learning (PPA) and to determine the students' responses toward learning Project-Based Learning (PPA) .. The method of this research is mixed method (combination of quantitative & qualitative) that used the Embedded design. The study population was all students SMA N 2 Gunungputri Bogor with sample class XI students were chosen at random and devided into two groups. The experimental group gained Project-Based Learning and the control group gained Expository Learning. To get the research data used instrument in the form mathematical comprehension ability test, guidelines for observation, interview, questionnaire scale. The data were analyzed quantitatively and qualitatively. Quantitative analysis was conducted on the pre test, post test, and N gain. To determine the average value of the difference between the experimental group and control group performed by t-test . Qualitative analysis was performed to examine students' responses toward Project-Based Learning. The results showed that increased understanding of the mathematical ability of students who receive Project-Based Learning is better than students who get the Expository Learning, and students’ response to the implementation of Project-Based Learning is positive. Keywords: Project-Based Learning application in teaching mathematics , the ability students to understand mathematics

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 25 Jun 2016 04:55
Last Modified: 25 Jun 2016 04:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/5175

Actions (login required)

View Item View Item