JONA ROSALIA, 165060061 (2020) ANALISIS PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR (Analisis Desktiptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (375kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini adalah hasil penelitian studi pustaka (library research), yang berjudul Analisis Pengaruh Model Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa Sekolah Dasar (Analisis Deskriptif Kualitstif dengan Teknik Studi Pustaka). Penelitian ini untuk menjawab tiga permasalahan, yaitu bagaimana konsep model discovery learning dalam proses pembelajdapat aran, Apakah discoveri learning meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, dan bagaimana hasil analisis data penelitian. Data penelitian ini diperoleh dari beberapa jurnal yang membahas tentang pengaruh model pembelajaran discovery lerning terhadap hasil belajar kognitif siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan teknik studi pustaka. Hasil analisis data menggunakan teknik analisis komparatif dan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran Discovery Learning menekankan pada proses belajar yang dilakukan oleh siswa. Proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif membuat siswa lebih memahami materi pelajaran. Jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, maka akan terlihat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Artinya, metode pembelajaran konvensional kurang efektif untuk pembelajaran. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, dan Studi Pustaka
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 04:00 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 04:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49052 |
Actions (login required)
View Item |