Pengembangan Bahan Ajar SPLDV Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Literasi Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa di SMPN 23 Kota Bandung

Ani Nuraini, NPM. 188060019 (2020) Pengembangan Bahan Ajar SPLDV Berbasis Mobile Learning untuk Meningkatkan Literasi Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa di SMPN 23 Kota Bandung. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Ani Nuraini_MPM copy.docx

Download (29kB)
[img] Text
Halaman Judul, Lembar Pengesahan, Lembar Pernyataan, Pengatar, Ucapan Terima kasih.docx

Download (63kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (14kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (14kB)
[img] Text
TESIS Ani Nuraini (MPM 2018) - Bab 1.docx

Download (41kB)
[img] Text
TESIS Ani Nuraini (MPM 2018) - Bab 2.docx

Download (82kB)
[img] Text
TESIS Ani Nuraini (MPM 2018) - Bab 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
TESIS Ani Nuraini (MPM 2018) - Bab 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
TESIS Ani Nuraini (MPM 2018) - Bab 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan bahan ajar SPLDV berbasis mobile learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika dan kemandirian belajar siswa SMPN 23 Kota Bandung, (2) menghasilkan bahan ajar SPLDV berbasis mobile learning yang valid dan layak untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika dan kemandirian belajar siswa SMPN 23 Kota Bandung, (3) menghasilkan bahan ajar SPLDV berbasis mobile learning yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika dan kemandirian belajar siswa SMPN 23 Kota Bandung. Penelitian pengembangan ini berpedoman pada langkah-langkah model pengembangan Rowntree. Model pengembangan ini, dikelompokan pada tiga tahapan pengembangan yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pengembangan (development), dan tahap evaluasi (evaluation). Pada tahap evaluasi, peneliti menggunakan model evaluasi formatif Tessmer yaitu: (1) self evaluation; (2) expert review ; (3) one-to-one evaluation; (4) small group evaluation; dan (5) field test. Dengan teknik pengumlan data berupa: pedoman wawancara, angket untuk ahli materi, angket untuk ahli media, angket untuk respon siswa, dan instrumen tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak, valid serta efektif digunakan sebagai salah satu media ajar yang dapat meningkatkan literasi matematika dan kesimpulan belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya data peningkatan hasil belajar siswa yang mengukur kemampuan literasi matematika dan respon kemandirian belajar siswa. Kata kunci: Mobile learning, Literasi matematika, Kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 12 Aug 2020 04:47
Last Modified: 09 Oct 2021 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48576

Actions (login required)

View Item View Item