PERAN UNITED NATIONS EDUCATIONAL SCIENTIFIC AND CULTURAL ORGANIZATION (UNESCO) DALAM PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA MELALUI UNESCO ASSOCIATED SCHOOLS NETWORK (ASPnet)

Ni’matul Muna Dewi, 152030109 (2019) PERAN UNITED NATIONS EDUCATIONAL SCIENTIFIC AND CULTURAL ORGANIZATION (UNESCO) DALAM PROGRAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA MELALUI UNESCO ASSOCIATED SCHOOLS NETWORK (ASPnet). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
ABSTRACT (English).docx

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK (Bahasa Indonesia).docx

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK (Basa Sunda).docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (20kB)
[img] Text
cover.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (33kB)
[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.jpg

Download (696kB) | Preview

Abstract

Hingga saat ini, Indonesia masih dihadapkan pada permasalahan pendidikan, salah satunya adalah permasalahan kualitas pendidikan. Lembaga-lembaga khusus survei internasional seperti PISA, TIMSS, PIRLS serta lembaga internasional lain seperti UNESCO, OECD, World Bank yang turut memberi penilaian pada pendidikan, mengidentifikasikan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia belum bisa dikatakan baik dilihat dari faktor-faktor seperti prestasi siswa, kualitas guru, relevansi pendidikan dengan kebutuhan, dan lain sebagainya. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerapkan berbagai macam program dalam peningkatan kualitas pendidikan. Tidak hanya kualitas pendidikan formal saja, Pemerintah menargetkan pada pengembangan karakter dari semua peserta didik. Sejalan dengan itu, UNESCO menawarkan program UNESCO ASPnet untuk diterapkan di Indonesia dalam rangka membantu peningkatan kualitas pendidikan melalui pengembangan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran UNESCO dalam membantu program peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia melalui salah satu programnya yaitu UNESCO ASPnet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Penelusuran data-data dilakukan melalui pengolahan data sekunder dari press release, serta data yang bersumber dari web milik Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, UNESCO, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait dengan penjelasan tentang program-program basis pendidikan UNESCO yang diterapkan di Indonesia, perkembangan pendidikan di Indonesia, dan implementasi UNESCO ASPnet. Hasil penelitian ini adalah dengan terjalinnya kerjasama di antara Pemerintah Indonesia dengan UNESCO dan dilaksanakannya program UNESCO ASPnet di Indonesia, program peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia (terutama pada pengembangan karakter) menjadi lebih efektif. Kata Kunci: kualitas pendidikan, pendidikan karakter, Indonesia, UNESCO, UNESCO ASPnet

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:18
Last Modified: 02 Sep 2019 04:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/42658

Actions (login required)

View Item View Item