UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SDN KARANGSARI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2016/2017 SDN Karangsari Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur)

FATIMAH ZAHRA AZHARI, 135060076 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SDN KARANGSARI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Semester II Tahun Ajaran 2016/2017 SDN Karangsari Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSRAK BAHASA INDO.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab I Pendahuluan.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV TERBARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal penelitian di kelas V SDN Karangsari Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur, ditemukan permasalahan pada subtema perubahan lingkungan yaitu hasil belajar siswa rendah. Seiring dengan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V pada subtema perubahan lingkungan. Dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan tiga siklus, subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Karangsari yang berjumlah 38 orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 22 perempuan. Perolehan hasil belajar dalam penelitian tindakan kelas pada siklus I presentase hasil belajar sebanyak 39,47% atau sebanyak 15 orang yang dinyatakan tuntas, pada siklus II sebanyak 52,63% atau sebanyak 20 orang yang dinyatakan tuntas, sedangkan pada siklus III sebanyak 86,84% atau sebanyak 33 orang yang dinyatakan tuntas, siswa yang dinyatakan tuntas merupakan siswa yang nilainya memenuhi (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Hal ini menunjukan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada subtema perubahan lingkungan di kelas V SDN Karangsari terjadi peningkatan setiap siklusnya dan dapat dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 12:13
Last Modified: 16 Oct 2017 12:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30814

Actions (login required)

View Item View Item