RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA PELATIHAN PENDIDIKAN NON FORMAL

DICKI PRAYUDI, NPM: 138020212 (2016) RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA PELATIHAN PENDIDIKAN NON FORMAL. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
1. Lembar CoverJudul.docx

Download (26kB)
[img] Text
5. Daftar Isi.docx

Download (28kB)
[img] Text
12. Abstrak Jurnal Dicki Prayudi.docx

Download (24kB)
[img] Text
14. Tesis BAB 1.docx

Download (53kB)
[img] Text
15. Tesis BAB 2.doc

Download (579kB)
[img] Text
11. Daftar Pustaka.docx

Download (26kB)

Abstract

QueCardadalahnama lembaga pelatihan yang fokus kepada pengembangan soft skill terutama dalam bidang komunikasi di Sukabumi. Tujuan didirikannya lembaga ini adalah untuk memberikan pilihan dan kemudahan bagi peserta dalam mengembangkan komunikasinya. Pada saat ini terdapat dua konsentrasi yang sedang dikembangkan di QueCard yaitu Public Speaking dan Radio School.Kelas Public Speaking adalah kelas yang ditujukan kepada mahasiswa atau pekerja yang memerlukan pelatihan komunikasi untuk menunjang kebutuhan pekerjaan ataupun kepentingan pribadinya. Peneliti dilakukan dengan pendekatan secara langsung kepada informan untuk mengamati perilaku, pendapat, sikap serta tanggapan informan terkait dengan subjek penelitian. Penelitian juga melakukan pendekatan descriptive analysis untuk menginterprestasikan data yang diperoleh dengan fakta yang berada di lapangan sehingga mendapatkan gambaran yang jelas tentang subjek penelitian. Penelitian menggunakan parameter tunggal yang menjadi parameter studi yaitu STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning). Bauran pemasarannya berdasarkan yang dikemukakan oleh Kotler untuk pemasaran jasa yaitu: Product, Place, Price, Promotion, Process, Physical Evidence, dan People. Peneliti melakukan penjabaran secara rinci agar dapat memberikan masukan data dan informasi untuk penelitian ini. Pada penelitian ini, metode kualitatif diambil sebagai metode yang akan digunakan peneliti dalam merumuskan skema penelitian lebih lanjut. Berbagai aspek diambil datanya agar dapat merumuskan tujuan penelitian di Quecard Public Speaking. Dimulai dari aspek kajian sampai kepada pengambilan data dari peserta pelatihan, QueCard Management, dan dokumen yang ada di dalam lembaga. Berdasarkan analisis lingkungan eksternal pemasaran QueCard Public Speaking dimana posisinya berada di titik 2,95yaitu hasil keseluruhan pembobotan peluang adalah 1,75 dan hasil pembobotan ancaman sebesar 1,20 terdapat selisih 0,55. Hal ini menyimpulkan bahwa lingkungan eksternal pemasaran QueCard Public Speaking berada diatas rata-rata yaitu memiliki poin peluang lebih banyak dari pada ancaman.Berdasarkan analisis lingkungan internal pemasaran QueCard Public Speaking yang diformulasikan pada matrik IFAS, pemasaran QueCard Public Speaking masih memiliki kekuatan yang lebih besar dibandingkan kelemahan. Hasil matrik tersebut menghasilkan hasil pembobotan QueCard Public Speaking yang mempunyai skor 2,05 untuk kekuatan pemasaran dan 0,85 untuk hasil pembobotan kelemahan pemasaran QueCard Public Speaking. Hasil 2,90 yaitu hasil pembobotan kekuatan ditambah dengan kelemahan. Keunggulan QueCard Public Speaking berada pada faktor physical icon yang telah dikenal oleh masyarakat, lokasi tempat strategis yang berada di tengah kota, dan fasilitas lengkap tersedia AC, wi-fi dan ruang ganti. Kata Kunci: Rancangan, Pemasaran, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2016
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 19 Jul 2017 07:17
Last Modified: 19 Jul 2017 07:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28365

Actions (login required)

View Item View Item