PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KREATIF SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIS SISWA SMP

AISYAH AMIAWATY, NPM : 148060061 (2016) PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KREATIF SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIS SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
COVER.docx

Download (86kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari kekhawatiran peneliti dengan melihat kondisi siswa di sekolah tempat penulis mengajar dalam menghadapi pelajaran matematika di kelas siswa terlihat takut, bosan dan tidak bersemangat. Guru kurang bervariasi dalam menggunakan pendekatan pembelajaran matematika dan cenderung menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian dilakukan di kelas VII.A SMP Negeri 31 Bandung dengan banyak siswa 39 orang, 20 siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan (Plan), tindakan (action), observasi (observe) dan refleksi (reflect). Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak empat siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan diperoleh peningkatan baik aspek pengetahuan (cognitive), aspek sikap (afektif) dan aspek keterampilan (psikomotor). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan berpikir kreatif serta kemandirian belajar matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 31 Bandung. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Pendekatan kontekstual, pemahaman dan berpikir kreatif serta kemandirian belajar matematis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 19 Jul 2017 03:06
Last Modified: 19 Jul 2017 03:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28351

Actions (login required)

View Item View Item