PENGEMBANGAN POTENSI INDUSTRI KREATIF INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA).

Cecep Bryan Firdaus, 132030132 (2017) PENGEMBANGAN POTENSI INDUSTRI KREATIF INDONESIA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER.docx

Download (70kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (11kB)
[img]
Preview
Image
IMG_20170615_133906 (1).jpg

Download (4MB) | Preview

Abstract

Ekonomi kreatif dipahami sebagai suatu konsep yang berkembang dan menitik beratkan kreativitas sebagai aset utama guna membangkitkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif di Indonesia mulai dibahas dan berkembang sejak awal tahun 2006. Pertumbuhan dan pengembangan potensi industri kreatif yang dikembangkan oleh Indonesia tidak terlepas dari kontribusi pemerintah dan para wirausaha yang mengembangkan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dibidang industry kreatif. dampak yang di munculkan oleh para pelaku usaha akan berpengaruh kuat terhadap meningkatnya pendapatan daerah dan negara ditengah upaya pemerintah dalam meningkatkan ekonomi negara terdapat kesempatan dengan adanya masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Pembentukan MEA dilakukan melalui empat kerangka strategis, yaitu pencapaian pasar tunggal dan kesatuan basis produksi, kawasan ekonomi yang berdaya saing, pertumbuhan ekonomi yang merata dan terintegrasi dengan perekonomian global. dengan diadakanya MEA ini diharapkan masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan semua kesempatan yang ada dalam membangun perekonomian negara menjadi lebih baik bersama pemerintah salah satunya dengan membangun dan memanfaatkan potensi dari Industri Kreatif Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu metode penelitian yang menggambarkan kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa berdasarkan data dan fakta yang ada dan sedang berlangsung, untuk menghasilkan analisis mengenai Pengembangan Potensi Industry Kreatif Indonesia dalam Menghadapi Persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Peniliti juga menggunakan teknik pengumpulan data studi kepustakaan, yaitu usaha mencari dan mengumpulkan data serta informasi berdasarkan penelaahan atau referensi, baik yang bersumber dari buku teks, majalah, surat kabar, artikel, internet maupun dokumen laporan tentang hal-hal yang berkaitan dengan masalah yang sedang diteliti. Di satu sisi, pemberlakuan Pasar MEA dapat dianggap sebagai kesepakatan yang tidak realistis. Pengembanggan potensi industry kreatif pun dirasa belum maksimal Karenna hanya di beberapa saja prodak industry kreatif Indonesia yang menjadi unggulan oleh karenanya Peran dan Kerjasama yang baik antara pemerintah dan para pelaku usaha sangat diperlukan agar tercipta suatu pola pembangunan yang baik untuk kedepanya. Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Industri Kreatif, Indonesia, UMKM, MEA.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 15 Jun 2017 06:47
Last Modified: 15 Jun 2017 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28101

Actions (login required)

View Item View Item