FENOMENOLOGI MARAKNYA KORBAN KASUS PENIPUAN MELALUI JEJARING SOSIAL OLX

KARINA NOVIANTY, 132050193 (2017) FENOMENOLOGI MARAKNYA KORBAN KASUS PENIPUAN MELALUI JEJARING SOSIAL OLX. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
COVER.docx

Download (30kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (26kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN 3.docx

Download (14kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN YG BENER.docx

Download (11kB)
[img] Text
BAB I fix.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB II(1).docx

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Maraknya Korban Kasus Penipuan Melalui Jejaring Sosial OLX” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana korban kasus penipuan melalui jejaring social Olx dapat terjadi pada masyarakat dengan menggunakan teori fenomenologi Alfred schutz yang meliputi motif, intersubjektif dan makna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode penelitian kualitatif digunakan apabila masalah penelitian belum jelas memahami apa yang ada di lapangan dan memastikan verifikasi kebenaran data. Data yang terkumpul pada penelitian kualitatif bersifat subjektif dan isntrumen sebagai alat pengumpul data adalah peneliti itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran bahwa motif pengguna Olx menggunakan Olx untuk memebeli atau menjual barang adalah selain karena Olx mudah digunakan atau diakses oleh siapapun, Olx juga memiliki banyak barang yang murah-murah, dan sebagian orang juga menggunakan Olx karena mencoba-coba. Selanjutnya, intersubjektif(interaksi) yang terjadi sehingga korban bias tertipu melalui Olx adalah karena tergiur dengan harga yang murah, terlalu gegabah membeli barang dan terlalu mudah percaya dengan orang yang baru dikenal. Kemudian, makna dari korban kasus penipuan melalui jejaring social Olx ialah mereka bias belajar untuk lebih berhati-hati dalam berbelanja online, apalagi jika harus bertransaks imelalui transfer. Lebih baik belanja langsung di toko agar tidak terjadi penipuan. Saran-saran yang dapat peneliti sampaikan kepada seluruh masyarakat khususnya yang suka berbelanja melalui Olx ataupun belanja online agar lebih berhati-hati dan diusahakan untuk melakukan Cod jika akan membeli barang dan lebih baik berbelanja kepada orang yang terpercaya atau yang sudah kita kenal. Atau jika bias lebih baik berbelanja langsung ditoko saja agar lebih aman dari penipuan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 08 Jun 2017 05:18
Last Modified: 08 Jun 2017 05:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27719

Actions (login required)

View Item View Item