KERJASAMA INDONESIA DAN KOREA SELATAN DI BIDANG PERTAHANAN DALAM KONTEKS PENGEMBANGAN PESAWAT TEMPUR KFX/IFX (Studi Kasus Kerjasama Kementerian Pertahanan Indonesia dan Defense Acquisition Program Administration)

Idham Lutfy, 112030051 (2017) KERJASAMA INDONESIA DAN KOREA SELATAN DI BIDANG PERTAHANAN DALAM KONTEKS PENGEMBANGAN PESAWAT TEMPUR KFX/IFX (Studi Kasus Kerjasama Kementerian Pertahanan Indonesia dan Defense Acquisition Program Administration). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
Cover Proposal.docx

Download (24kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK SUNDA.docx

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK1.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (56kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar didunia yang berbatasan langsung dengan negara – negara seperti Malaysia, Filiphina, Singapura, Timor Leste, Papua Nugini, dan Australia. Dengan kondisi dimana berbatasan langsung dengan negara tetangga tentunya tidak pernah terlepas dari konflik seperti konflik wilayah perbatasan. Maka Indonesia diwajibkan memiliki pertahanan dan keamanann yang kuat untuk menunjang menjaga kedaulatan NKRI. Sebagai upaya untuk menghindari embargo dari negara – negara didunia, Indonesia akhirnya melakukan pengembangan pesawat tempurnya sendiri. Dipilih oleh Korea Selatan untuk membangun bersama pesawat tempur yang dinamakan KFX/IFX. Pesawat ini dirancang untuk menjadi pesawat yang canggih melebihi kecanggihan pesawat F-16 yang sudah dimiliki Indonesia. Kerjasama pengembangan pesawat tempur ini juga sebagai upaya untuk menciptakan kemandirian dalam hal industri pertahanan. Tujuan dari penelitin ini untuk mengetahui dan mendeskrpisikan sejauh mana kerjasama yang dilakukan antara Indonesia dan Korea Selatan dalam bidang militer, seta mengetahui kondisi pengembangan pesawat tempur KFX/IFX. Manfaat dan kegunaan penelitian ini adalah menambah ilmu di bidang pertahanan dan keamanan. Metode penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Dalam penelitian ini dilakukan terlebih dahulu dengan cara menganalisis data yang telah terkumpul melalui literatur atau yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan meningkatnya pertahanan dan keamanan udara Indonesia, serta berjalan baiknya pengembangan bersama pesawat tempur antara Indonesia dengan Korea Selatan, sehingga pertahanan Indonesia akan diakui di dunia. Kata Kunci : Kerjasama Indonesia dan Korea Selatan, Pesawat Tempur KFX/IFX

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 03 Feb 2017 03:14
Last Modified: 03 Feb 2017 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15859

Actions (login required)

View Item View Item