PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK COLLABORATIVE WRITING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RULLY NURFITRIANI, 125030058 (2016) PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK COLLABORATIVE WRITING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT BAHASA INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT Bahasa Indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI EDIT.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA EDIT.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan kegiatan kebahasaan yang penting, dengan menulis, mengemuka - kan gagasan dan mampu memperkaya pengalamannya dengan cara mencatat ide - ide kreatif, efektif, dan memetakan pikiran - pikiran secara menarik, mangagumkan dan menyerap serta informasi baru dengan sangat mudah. Cara seperti ini dianggap lebih menyenang - kan dan menambah daya kreatifitas siswa. Permasalahan yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajaran menulis paragraf persua si dengan menggunakan teknik collaborative writing pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung (2) Mampukah siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung mengikuti pretest dan postest pada pembelajaran menulis paragraf persuasi dengan menggunakan teknik collaborative writing (3) Efektifkah teknik collaborative writing untuk pemb elajaran menulis paragraf persu asi pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan, penulis dapat menyim - pulkan hal - hal sebagai berik ut. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menulis paragraf per - suasi dengan menggunakan teknik collaborative writing pada siswa kelas X.4 SMA Pasundan 1 Bandun g . Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,44 dan pelaksana - an sebesar 3,60 . 2. Siswa kelas X .4 SMA Pasundan 1 Bandung mampu menulis paragraf persuasi dengan menggunakan teknik collaborative writing . Hal ini terbukti dari nilai rata - rata pre - test yaitu 48,82 dan nilai rata - rata posttest yaitu 74,20. Jadi, selisih nilai rata - rat a pretes t dan postes t yaitu 2 5,38 . 3. Teknik collaborative writing tepat digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf persuasi pada siswa kelas X .4 SMA Pasundan 1 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung 10, 02 >t tabel 2,04 dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa teknik collaborative writing efektif digunakan dalam pembe - lajaran menulis paragraf persuasi pada siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung. Kata kunci: menulis . paragraf persuasi dan teknik collaborative writing ii

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2012
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:05
Last Modified: 03 Sep 2016 15:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10155

Actions (login required)

View Item View Item