IMPLEMENTASI PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

WIA UTIRAH, NPM. 138060087 (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa SMA Pasundan 8 Bandung merupakan permasalahan yang menuntut pendidik untuk dapat menerapkan suatu pendekatan baru dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada penggunaan pendekatan metakognitif yang diduga dapat meningkatkan kemandirian belajar dan dampaknya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Pasundan 8 Bandung. Pemilihan sampel dilakukan dari populasinya secara purposif (purposive sampling) dari 4 kelas X. Kelas X-3 berjumlah 31 orang yaitu 15 orang kelompok unggul dan 16 orang kelompok asor, diberikan perlakuan dengan pendekatan metakognitif dan kelas X-4 berjumlah 31 orang, 15 orang kelompok unggul dan 16 orang kelompok asor, dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket kemandirian belajar dengan skala likert, dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran matematika dengan metode ekspositori berdasarkan KAM kategori unggul dan asor (2) Terdapat pengaruh self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Kata kunci: metakognitif, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 29 Aug 2016 15:24
Last Modified: 29 Aug 2016 15:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9574

Actions (login required)

View Item View Item