PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Lilim Halimah, NPM. 138060018 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Other
3. Abstrak.rtf

Download (117kB)
[img] Other
9. Daftar Pustaka.rtf

Download (201kB)
[img] Other
4. Bab 1.rtf

Download (222kB)
[img] Other
5. Bab 2.rtf

Download (732kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa hasil ulangan matematika di SMPN 51 Bandung kelas VIII dalam kemampuan berpikir kritis matematis siswa, serta sikap positif siswa terhadap matematika masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang memungkinkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis adalah pembelajaran menggunakan pembelajaran model pembelajaran berbasis masalah (PBM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model PBM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan model PBM lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, untuk menelaah kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran model PBM lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori dan untuk mengetahui asosiasi kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode pada penelitian ini merupakan mixed method tipe embedded dengan PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 51 Bandung kelas VIII. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis matematis, angket skala kemandirian belajar siswa, lembar observasi, dan wawancara. Hasil kemampuan berpikir kritis dan tes akhir setiap siklus menunjukkan bahwa dengan model pembalajaran berbasis masalah tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan analisis data dari hasil tes akhir dan temuan-temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik secara signifikan daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori; kemandirian belajar siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah lebih baik secara signifikan daripada kemandirian belajar siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori; dan terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: pembelajaran berbasis msalah, berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Aug 2016 15:39
Last Modified: 22 Aug 2016 15:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9475

Actions (login required)

View Item View Item