PUPUT WULAN A, 115060225 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TELITI DAN PERCAYA DIRI SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (42kB) |
|
Text
COVER&LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (41kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (68kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap teliti dan percaya diri serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung pada mata pelajaran Matematika dengan Standar Kompetensi Memahami dan Menggunakan Sifta-Sifat Operasi Hitungan Bilangan Dalam Pemecahan Masalah dan Kompetensi Dasar Melakukan Penaksiran dan Pembulatan. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Model Problem Based Learning berguna untuk menumbuhkan sikap teliti dan percaya diri serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Hopkins Masnur Muslich (2012, 43). Ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh persiklusnya yaitu : siklus I siswa yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 38,5% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 61,6% , dan siklus II siswa yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mendapat 96,2% dan mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 3,9%. Kata kunci :Model Pembelajaran Problem Based Learning, SikapTeliti dan PercayaDiri, dan Hasil Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 17:14 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 17:14 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9447 |
Actions (login required)
View Item |