SITI RIKA NURHAYATI, 095060114 (2016) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.docx Download (62kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
BAB I.docx Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (536kB) |
|
Text
bab III.docx Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (23kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VA di SD Mathla’ul Khoeriyah masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui penerapan Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa kelas VA SD Mathla’ul Khoeriyah. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan angket. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila 80% peserta didik kemampuan berpikir kritisnya mencapai skor nilai ≥ 13. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VA dalam pembelajaran tematik di SD Mathla’ul Khoeriyah. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase kemampuan berpikir kritis setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan ke-1 kemampuan berpikir kritis peserta didik mencapai 66,67%, sedangkan pada pertemuan ke-2 siklus I mencapai 70%. Pada siklus II kemampuan berpikir kritis peserta didik mencapai presentase 83,33%. Dengan demikian, persentase kemampuan berpikir kritis siswa telah melampaui kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80%. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 13:01 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 13:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9310 |
Actions (login required)
View Item |