PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN

Ramdan Ibadurohman, 115060182 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1.COVER.docx

Download (63kB)
[img] Text
1.i, iii Lembar Pengesaha, pernyataan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
1.ii MOTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
1.iv,v KATA PENGANTAR.docx

Download (21kB)
[img] Text
1.vi-vi UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (83kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (87kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Cimahi Mandiri 5 Kota Cimahi dengan menerapkan model discovery learning dalam pembelajaran PKN pokok bahasan menjaga keutuhan Negara kesatuan republik Indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi sikap percaya diri siswa masih rendah ditandai dengan siswa kurang berani untuk mengemukakan pendapatnya, menundukan kepala saat guru mengajukan pertanyaan serta kurang mampu menjawab pertanyaan saat pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa rendah hal ini ditunjukkan nilai di bawah KKM dari jumlah siswa 40 siswa yang mencapai di atas KKM ≥ 70 hanya 19 siswa 47,5%. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa aktif. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dengan menerapkan model discovery learning. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes evaluasi hasil belajar yang dilakukan melalui post tes. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat terlihat peningkatannya sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Jika dilihat dari hasil belajar pada siklus I dari jumlah 40 orang yang mencapai KKM sebesar 65% dengan kategori baik. Pada siklus II terdapat peningktan siswa mencapai KKM sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari sikap percaya diri siswa pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebesar 72,5% dengan kategori cukup selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 95% dengan kategori sangat baik. Dari penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa kelas V SDN Cimahi Mandiri 5 Kota Cimahi pada pembelajaran PKN pokok bahasan menjaga keutuhan Negara kesatuan republik Indonesia. Kata Kunci: discovery learning, sikap percaya diri dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Aug 2016 17:28
Last Modified: 15 Aug 2016 17:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9110

Actions (login required)

View Item View Item