IRMA WIJAYA PUTRI, 115060067 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.docx Download (47kB) |
|
Text
surat pernyataan.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
abstrak indo inggris ima.docx Download (20kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR ISI revisi III.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
BAB 1 REVISI II.doc Download (84kB) |
|
Text
BAB II revisi jadi - Copy.docx Download (74kB) |
|
Text
BAB III revisi - Copy.docx Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text
BAB IV IRMA WIJAYA PA AZIS.docx Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
BAB V revisi.doc Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
|
Text
daftar pustaka.docx Download (19kB) |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penerapan model inkuiri terbimbing yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Astakrama Desa Cikoneng Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung pada pembelajaran PKn materi Sistem Pemerintahan Desa dan Kecamatan. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan model pembelajaran klasikal dimana proses pembelajarannya hanya berpusat pada guru (teacher centered) tanpa melibatkan siswa sehingga motivasi dan kemampuan untuk mengembangkan intelektual dan berpikir siswa belum tercapai. Model Inkuiri Terbimbing berguna untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart (Arikunto, 2008: 105). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, secara keseluruhan telah menunjukan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai 3,4, dan siklus II 3,8. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh 3,5, dan siklus II 3,8. Adapun nilai hasil pemahaman konsep memperoleh presentase siklus I 35%, dan siklus II 87%. Untuk hasil belajar yang terdiri dari hasil afektif, kognitif dan psikomotor memperoleh presentase siklus I 35. %, dan siklus II 87%. Data hasil kelompok memperoleh presentase siklus I 71%, dan siklus II 83%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Astakrama Desa Cikoneng Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung pada pembelajaran PKn. Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 15:43 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 15:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9100 |
Actions (login required)
View Item |