PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA

DITA HARDIYANTI, 115060189 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1 COVER.docx

Download (66kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
3 MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR..docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
6 UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
7 ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (682kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
BAB IV ditt.docx
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 2.docx

Download (26kB)
[img] Text
14 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang turut mendidikkan wawasan, keterampilan dan sikap ilmiah sejak dini adalah mata pelajaran IPA. Namun pada kenyataannya terdapat masalah yang dihadapi oleh peserta didik yaitu sulitnya memahami sebuah konsep pembelajaran IPA. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa adalah model Problem Based Learning (PBL). Model PBL Pembelajaran berbasis masalah, merupakan salah satu model pembelajaran yang inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada peserta didik. PBL adalah suatu model pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah, sehingga model PBL cocok dengan pembelajaran IPA materi alat pernapasan manusia. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Inpres Biru Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung dengan waktu penelitian dari tanggal 29 Juli sampai dengan 6 Agustus 2015. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian sebanyak 33 orang yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Target penelitian dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah siswa mendapat kategori sangat baik untuk pemahaman konsep yang ditunjukkan dan 80% dari jumlah siswa mendapatkan nilai di atas KKM yaitu 75. Hasil penelitian secara keseluruhan telah mencapai bahkan melebihi target penelitian yang ditetapkan. Pada siklus 1 pemahaman konsep siswa mencapai 55,6%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 81,81%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Pada siklus I persentase siswa yang tuntas sebesar 48,48%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 78,78%. Dari hasil observasi di setiap siklusnya, siswa menunjukkan hasil yang positif terhadap pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi alat pernapasan manusia di kelas V SDN Inpres Biru Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung Kata Kunci: model Problem Based Learning (PBL), pemahaman konsep, hasil belajar, pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Aug 2016 14:32
Last Modified: 13 Aug 2016 14:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8843

Actions (login required)

View Item View Item