Muniroh Nurul Cahyani, 115060330 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
kaper.docx Download (147kB) |
|
Text
Lembar pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
abstrk.docx Download (14kB) |
|
Text
absatrak bhsa inggris.docx Download (14kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (25kB) |
|
Text
Bab II.docx Download (1MB) |
|
Text
Bab I V.docx Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
Daftar pustaka skrispi.docx Download (14kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil ulangan harian siswa secara klasikal masih di bawah standar KKM pada mata pelajaran IPS pada topik pembahasan keragaman kenampakan alam. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kecenderungan siswa bosan dalam mengikuti pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Problem Based Instruction sebagai alternatik memecahkan suatu masalah. Tujuan penelitian adalah Penerapan Pembelajan Model Problem Based Instruction (PBI) Untuk Menigkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPS Materi Kenampakan Alam di Lingkungan Serta Hubunganya Dengan Kerangaman Sosial dan Budaya, Pada Siswa Kelas IV SDN Coblong Bandung.Objeknya adalah seluruh siswa kelas IV SDN Coblong 2 Bandung. Dalam penelitian ini di gunakan metode penelitian Tindakan Kelas, alat yang digunakan lembar evaluasi, lembar observasi penilaian RPP, lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran, lembar penilaian motivasi siswa dan lembar keusioner. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 13 agustus 2015 dengan prosedur yang terbagi kedalam tiga tahap kegiatan pada satu putaran (siklus), yaitu: perencanaan –tindakan dan observasi –refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil motivasi siklus I siswa yang tuntas mencapai KKM berjumlah 17 orang atau 47% , sedangakan pada siklus II siswa yang tuntas mencapai KMM berjumlah 21 atau 58%. Berdasarkan penelitian yang di laksanakan dengan, Penerapan Model Pembelajan Problem Based Instruction (PBI) Untuk Menigkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPS Materi dapat meningkat. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatife bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Kata Kunci: Pembelajan Problem Based Instruction, Menigkatkan Motivasi dan Hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 13 Aug 2016 14:07 |
Last Modified: | 13 Aug 2016 14:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8841 |
Actions (login required)
View Item |