IMPLEMENTATION OF THE ARTICULATE STORYLINE APPLICATION AS A MEDIA FOR LEARNING PROCEDURE TEXT WRITING SKILLS IN CLASS XI STUDENTS OF SMA NEGERI 18 BANDUNG

Munggaran Andika Zaka, 195030070 (2025) IMPLEMENTATION OF THE ARTICULATE STORYLINE APPLICATION AS A MEDIA FOR LEARNING PROCEDURE TEXT WRITING SKILLS IN CLASS XI STUDENTS OF SMA NEGERI 18 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar Penguji.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstract.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Ringkesan.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab II.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
12. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
13. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
14. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Peran media pembelajaran sangat mempengaruhi hasil akhir atau evaluasi kegiatan belajar mengajar bagi pendidik maupun peserta didik. Peran media pembelajaran dalam proses pembelajaran merupakan satu kesatuan yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Dalam mendukung hal tersebut proses pembelajaran dapat menggunakan sebuah aplikasi articulate storyline sebagai media pembelajaran karena mendukung pembelajaran berbasis konten yang dapat berupa gabungan dari teks, gambar, audio serta animasi. Articulate storyline ialah sebuah software atau perangkat lunak yang berfungsi sebagai media pendukung pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui kemampuan peneliti dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran, untuk mengetahui kemampuan peserta didik pada kondisi awal, untuk mengetahui kemampuan peserta didik pada kondisi akhir dan untuk mengetahui efektivitas penerapan aplikasi articulate storyline pada pembelajaran teks prosedur di kelas XI SMA Negeri 18 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, uji coba, observasi dan tes. Data yang dikumpulkan adalah hasil prates, Pascates dan penilaian articulate storyline dari kelas eksperimen dan kelas kontrol peserta didik kelas XI SMA Negeri 18 Bandung. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji wilcoxon adalah nilai Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 < 0,05 artinya dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks prosedur yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi articulate storyline dengan kelas kontrol yang menggunakan model diskusi. Adapun hasil dari uji mann whitney adalah Asymp. Sig. (2-tailed) menunjukkan 0,000 < 0,05 artinya aplikasi articulate storyline efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Kata kunci: Articulate Storyline, Menulis, Teks Prosedur.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 12 Nov 2025 07:05
Last Modified: 12 Nov 2025 07:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81801

Actions (login required)

View Item View Item