PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Quasy Eksperiment pada Kelas X SMA Pasundan 7 Bandung)

Juliana Syifa Nazla, 215020017 (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Quasy Eksperiment pada Kelas X SMA Pasundan 7 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension) terhadap kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar peserta didik di SMA Pasundan 7 Bandung. Subjek penelitian ini dilaksanakan pada kelas X-3 SMA Pasundan 7 Bandung Tahun Ajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan yaitu quasy eksperiment dengan desain one- group pre-test pos-test. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Berdasarkan hasil penelitian Model Pembelajaran ICARE hasil Uji Paired Sample T-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan post-test kemampuan berpikir kritis dengan rata-rata peningkatan dari 60,85 menjadi 98,29. Sedangkan hasil uji anecdotal record pada keaktifan belajar peserta didik diperoleh nilai signifikan sebesar 0,139 nilai ini lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. Hasil uji Manova pada kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar peserta didik diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dengan nilai Partial Eta Square sebesar 0,027 < 0,05 tergolong berpengaruh besar berdasarkan ketentuan uji effect size. Hal ini menunjukkan secara simultan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran ICARE terhadap kemampuan berpikir kritis dan keaktifan belajar peserta didik. Kemudian hasil uji Test Of Between-Subjects Effect menunjukkan bahwa pada variabel kemampuan berpikir kritis (Y1) diperoleh nilai signifikan sebesar 0,027 < 0,05 termasuk dalam pengaruh yang tergolong besar. Sementara pada variabel keaktifan belajar (Y2) diperoleh nilai signifikan sebesar 0,453 > 0,05 termasuk kedalam kategori pengaruh kecil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ICARE lebih efektif dalam proses kegiatan selama pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dibanding dengan keaktifan belajar. Akan tetapi, dalam anecdotal record keaktifan belajar bisa dikatakan efektif dalam proses kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Model Pembelajaran ICARE, Kemampuan Berpikir Kritis, Keaktifan Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Oct 2025 06:14
Last Modified: 17 Oct 2025 06:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81531

Actions (login required)

View Item View Item