PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP SELF REGULATED LEARNING SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

HAS MULYANI, NPM. 138060019 (2016) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP SELF REGULATED LEARNING SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (18kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
Bab I.docx

Download (26kB)
[img] Text
Bab II.docx

Download (54kB)

Abstract

Pentingnya kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning bagi siswa telah banyak disadari dalam pendidikan matematika. Dengan komunikasi yang baik siswa mampu memahami materi matematik dan dengan self regulated learning siswa mampu mandiri dalam pembelajaran matematika. Namun masih minimnya cara yang dapat digunakan dalam meningkatkan kkeduanya, menjadi ide dasar dilaksanakannya penelitian ini. Melalui penerapan Problem based learning diharapkan dapat memperkaya strategi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning siswa. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol tidak ekuivalen. Penelitian ini dilakukan di SMP Pasundan 2 Bandung, dengan subjek populasi seluruh siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung dan mengambil dua sampel kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung secara random kelas, terambil kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes kemampuan komunikasi matematis dan angket Self Regulated Learning. Analisis data kuantitatif menggunakan uji ANOVA dua jalur, dilanjutkan dengan uji Scheffe. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning peserta didik dengan Kemampuan Awal Matematika (KAM) tinggi, sedang dan rendah yang pembelajarannya dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning peserta didik yang menggunakan model pembelajaran biasa. Kemudian penelitian ini memberikan gambaran bahwa terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dan Self Regulated Learning. Koefisien korelasi antara keduanya adalah 0,643 dengan kriteria sedang Kata kunci: Problem based learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Regulated Learning

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 06 Aug 2016 15:29
Last Modified: 06 Aug 2016 15:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8134

Actions (login required)

View Item View Item