AL ANSHARI FAZLUR, 215060022 (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOMIK DIGITALTERHADAP PENINGKATANKETERAMPILANMENULISKARANGAN NARASI PESERTA DIDIKDI SEKOLAHDASAR (Penelitian Quasi Experiment pada peserta didik kelas V di SDN 127 Sekeloa Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (673kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (753kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
9. RINGKESAN.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
11. BAB I.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
12. BAB II.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
![]() |
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
![]() |
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
![]() |
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi peserta didik di SDN 127 Sekeloa, serta perlunya inovasi dalam proses pembelajaran. Agar proses pembelajaran tidak terus menerus hanya terpaku pada buku maupun guru semata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe think talk write berbantuan media komik digital terhadap peningkatan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik di SDN 127 Sekeloa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, tepatnya quasi experimental design dengan bentuk non equivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas V A sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas V B sebagai kelas kontrol. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Gambaran proses pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran berlangsung secara tertib dan terstruktur. Pada tahap persiapan, peneliti telah merancang modul, lembar observasi, dan soal tes keterampilan menulis karangan narasi. Selama kegiatan belajar berlangsung, peserta didik terlihat antusias dan mampu memahami materi yang disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan, peningkatan dan pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari nilai sig uji-t sebesar 0,006, nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 50%, dan nilai Effect Size sebesar 0,7 yang termasuk kategori besar. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe think talk write berbantuan media komik digital terhadap peningkatan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik di SDN 127 Sekeloa. Kata Kunci: model think talk write, media komik digital, keterampilan menulis karangan narasi, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 01:45 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 01:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78533 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |