PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOMIK DIGITALTERHADAP PENINGKATANKETERAMPILANMENULISKARANGAN NARASI PESERTA DIDIKDI SEKOLAHDASAR (Penelitian Quasi Experiment pada peserta didik kelas V di SDN 127 Sekeloa Kota Bandung)

AL ANSHARI FAZLUR, 215060022 (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA KOMIK DIGITALTERHADAP PENINGKATANKETERAMPILANMENULISKARANGAN NARASI PESERTA DIDIKDI SEKOLAHDASAR (Penelitian Quasi Experiment pada peserta didik kelas V di SDN 127 Sekeloa Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (673kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (753kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (56kB)
[img] Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (56kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (319kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi peserta didik di SDN 127 Sekeloa, serta perlunya inovasi dalam proses pembelajaran. Agar proses pembelajaran tidak terus menerus hanya terpaku pada buku maupun guru semata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe think talk write berbantuan media komik digital terhadap peningkatan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik di SDN 127 Sekeloa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, tepatnya quasi experimental design dengan bentuk non equivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas V A sebagai kelas eksperimen dan 30 peserta didik kelas V B sebagai kelas kontrol. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Gambaran proses pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran berlangsung secara tertib dan terstruktur. Pada tahap persiapan, peneliti telah merancang modul, lembar observasi, dan soal tes keterampilan menulis karangan narasi. Selama kegiatan belajar berlangsung, peserta didik terlihat antusias dan mampu memahami materi yang disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan, peningkatan dan pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari nilai sig uji-t sebesar 0,006, nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 50%, dan nilai Effect Size sebesar 0,7 yang termasuk kategori besar. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe think talk write berbantuan media komik digital terhadap peningkatan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik di SDN 127 Sekeloa. Kata Kunci: model think talk write, media komik digital, keterampilan menulis karangan narasi, sekolah dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2025 01:45
Last Modified: 24 Sep 2025 01:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78533

Actions (login required)

View Item View Item