Firdayanti Sumarna Wijaya, 214010223 and Dr. Atty Tri Juniaarti, SE.,MSi, Pembimbing (2025) ANALISIS MODEL ANTRIAN UNTUK EFISIENSI WAKTU MENGANTRI PADA SISTEM PELAYANAN SELF SERVICE DAN NON SELF SERVICE DI STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) JL. IR JUANDA DAGO KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan Bandung.
![]() |
Text
cover SKRIPSI fix.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
ABSTRACK.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (873kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (71kB) |
Abstract
ABSTRAK Fenomen dalan penelitian ini menganalisis dan membandingkan efisiensi waktu pelayanan antara sistem non self service dan sistem self-service pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Dago Kota Bandung. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan akan pelayanan publik yang lebih cepat, efisien, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan model antrian M/M/s, dan analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak QM for Windows. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap dua sistem pelayanan, yang masing-masing diuji pada berbagai shift operasional (pagi, siang, sore). Hasil simulasi menunjukkan bahwa sistem self-service memiliki kinerja yang lebih efisien dibandingkan sistem non self service. Kata kunci: self service, non self service, efisiensi waktu pelayanan, model antrian.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen 2021 |
Depositing User: | Mr FEB-Parid - |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 08:31 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 08:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |