Hensaputri Nadia Septian, 215020031 (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGANHETEROGENITAS SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI Di SMA Pasundan 3 Bandung Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
9. ABSTRACT.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
12. BAB I.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (491kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
![]() |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Pasundan 3 Bandung, dengan memperhatikan heterogenitas siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda dan tes esai berbasis indikator berpikir kritis, yang telah divalidasi dan dinyatakan reliabel. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test, Mann-Whitney U Test, dan analisis deskriptif. Hasil Wilcoxon menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kritis di kedua kelas (eksperimen: Z = 4,811; p < 0,001; kontrol: Z = 4,029; p < 0,001). Secara deskriptif, rata-rata skor posttest kelas eksperimen (89,00) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (84,00), dengan nilai N-Gain masing-masing 69,72 (kategori tinggi) dan 57,3 (kategori sedang). Uji Mann-Whitney U menunjukkan perbedaan antar kelompok belum signifikan (p = 0,080), namun mean rank kelas eksperimen lebih tinggi (28,33 vs 21,25), menunjukkan kecenderungan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa sekaligus menyesuaikan keberagaman karakteristik siswa. Sebagai akhir penelitian peneliti menyarankan agar: guru perlu mengoptimalkan pembelajaran berdiferensiasi sesuai kebutuhan dan kesiapan siswa guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Siswa diharapkan lebih aktif dalam diskusi dan penalaran, sementara sekolah mendukung dengan fasilitas, pelatihan, dan kebijakan. Penelitian lanjutan disarankan mengeksplorasi variabel, jenjang, atau mata pelajaran lain. Kata Kunci : Heterogenitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berdiferensiasi,
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 07:49 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 07:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |