PENERAPAN MODEL DMR (DISKURSUS MULTY REPRECENTACY) BERBANTUAN MEDIA CANVA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI KELAS X SMA PASUNDAN 1 BANDUNG

CAHYANINGSIH VENDHITA NUR, 205030028 (2025) PENERAPAN MODEL DMR (DISKURSUS MULTY REPRECENTACY) BERBANTUAN MEDIA CANVA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI KELAS X SMA PASUNDAN 1 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING DAN PENGUJI.pdf

Download (396kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (127kB)
[img] Text
RINGKESAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait kurangnya kemampuan peserta didik dalam menulis. Terdapat faktor lain yang menjadi alasan peserta didik masih kurang dalam menulis yaitu penggunaan model dan media pembelajaran yang monoton dan tidak disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dapat menjadi alasan peserta didik memiliki kemampuan menulis yang tergolong rendah. Tujuan pada penelitian ini adalah 1) mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks biografi; 2) mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks biografi sebelum diberi perlakuan dengan model DMR (Diskursus Multy Reprecentacy); 3) mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks biografi sesudah diberi perlakuan dengan model DMR (Diskursus Multy Reprecentacy); dan 4) mengetahui keefektifan model DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) berbantuan Canva dalam pembelajaran menulis teks biografi kelas X SMA Pasundan 1 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas X-5 (kelas eksperimen) dan kelas X-1 (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan 1) penulis memperoleh nilai sangat baik dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran; 2) peserta didik belum mampu menulis teks biografi sebelum diberi perlakuan yang terlihat pada nilai rata-rata pretest yaitu 67,68; 3) peserta didik mampu menulis teks biografi sesudah diberi perlakuan yang terlihat pada nilai rata-rata posttest yaitu 86,96; dan 4) Setelah melakukan uji N-Gain Score memperoleh rata-rata sebesar 58,34% yang berarti penggunaan model DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) berbantuan media Canva cukup efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis teks biografi kelas X SMA Pasundan 1 Bandung. Kata Kunci: DMR (Diskursus Multy Reprecentacy), Canva, Teks Biografi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:39
Last Modified: 01 Aug 2025 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77591

Actions (login required)

View Item View Item