RASENDRIYA,SHOFI NURLINA, 215050024 (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (854kB) |
![]() |
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Download (625kB) |
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
Abstract
Kemampuan literasi matematis peserta didik yang tergolong dalam kategori rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang memperoleh model ProblemBased Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) mengetahui peningkatan Self Efficacy peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) mengetahui korelasi positif antara kemampuan literasi matematis dan self efficacy peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz. 4) mengetahui efektivitas model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis. 5) mengetahui efektivitas model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz terhadap peningkatan self efficacy. Penelitian ini menggunakan metode quasi eperiment atau eksperimen semu dengan desain penelitian bernama non-equivalent control group design. Populasi yang ditetapkan pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Cimahi, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-D sebagai kelas eksperimen dan VIII-D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal uraian tes kemampuan literasi matematis yang telah diuji coba dan dinyatakan valid dan angket skala likert untuk self efficacy yang telah dinyatakan valid oleh judgement. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan bantuan IBM SPSS Statistics 27 for Windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, didapatkan kesimpulan: 1) peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) Self Efficacy peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) terdapat korelasi positif antara kemampuan literasi matematis dan self efficacy peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz. 4) efektivitas model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis berada dalam kategori tinggi. 5) efektivitas model Problem-Based Learning berbantuan Quizizz terhadap peningkatan self efficacy berada dalam kategori sedang. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Self Efficacy, Model Problem-Based Learning, Quizizz
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:31 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 07:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/77120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |