PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI ( Survey Pada Peserta Didik Kelas X IPA Tahun Ajaran 2024/2025 di SMA Sumatra 40 Bandung )

MAHARANI MUTYA, 205020022 (2025) PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI ( Survey Pada Peserta Didik Kelas X IPA Tahun Ajaran 2024/2025 di SMA Sumatra 40 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1.Cover Depan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
2.Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (225kB)
[img] Text
8.Abstrak.pdf

Download (291kB)
[img] Text
9.Ringkesan.pdf

Download (252kB)
[img] Text
14.Bab I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
15.Bab II.pdf

Download (520kB)
[img] Text
16.Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
17.Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
18.Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
19.Daftar Pustaka.pdf

Download (284kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan motivasi belajar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPA di SMA Sumatra 40 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa angket ,teknik analisis data menggunakan uji normalitas data, uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda, uji parsial, dan uji koefesien determinasi. Subjek yang menjadi fokus pada penelitian ini berjumlah 72 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan : (i) secara parsial (X1) kreativitas memberikan pengaruh terhadap (Y) minat belajar siswa dengan presentase 38,2%.(ii) secara parsial (X2) motivasi belajar memberikan pengaruh terhadap (Y) minat belajar siswa denga presentase 42,4%. Sebagaimana jika nilai tHitung>tTabel (4,261 > 1,989) dan signifikansinya <0,05 (0,000<0,05), (iii) Terdapat pengaruh (X1) kreativitas dan (X2) motivasi belajar terhadap (Y) minat belajar siswa dengan tafsiran cukup kuat anatara kedua variabel sebesar 51,1% dilihat dari nilai R Square 0,511. Sebagai akhir penelitian menyampaikan saran bagi siswa yaitu lebih meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar agar mendapatkan minat yang baik dalam belajar, saran bagi guru yaitu memperhatikan kembali dan membantu meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar agar minat belajar siswa berjalan dengan baik, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat meneliti pada bidang yang sama pada kelas yang berbeda juga di sekolah yang berbeda pula. Kata Kunci : Kreativitas, Motivasi Belajar, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
PRESENTATION
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Apr 2025 06:19
Last Modified: 16 Apr 2025 06:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74939

Actions (login required)

View Item View Item