MAHARANI MUTYA, 205020022 (2025) PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI ( Survey Pada Peserta Didik Kelas X IPA Tahun Ajaran 2024/2025 di SMA Sumatra 40 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1.Cover Depan.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
2.Lembar Pengesahan Skripsi.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
8.Abstrak.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
9.Ringkesan.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
14.Bab I.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
15.Bab II.pdf Download (520kB) |
![]() |
Text
16.Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
![]() |
Text
17.Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) |
![]() |
Text
18.Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
![]() |
Text
19.Daftar Pustaka.pdf Download (284kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan motivasi belajar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPA di SMA Sumatra 40 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa angket ,teknik analisis data menggunakan uji normalitas data, uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda, uji parsial, dan uji koefesien determinasi. Subjek yang menjadi fokus pada penelitian ini berjumlah 72 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan : (i) secara parsial (X1) kreativitas memberikan pengaruh terhadap (Y) minat belajar siswa dengan presentase 38,2%.(ii) secara parsial (X2) motivasi belajar memberikan pengaruh terhadap (Y) minat belajar siswa denga presentase 42,4%. Sebagaimana jika nilai tHitung>tTabel (4,261 > 1,989) dan signifikansinya <0,05 (0,000<0,05), (iii) Terdapat pengaruh (X1) kreativitas dan (X2) motivasi belajar terhadap (Y) minat belajar siswa dengan tafsiran cukup kuat anatara kedua variabel sebesar 51,1% dilihat dari nilai R Square 0,511. Sebagai akhir penelitian menyampaikan saran bagi siswa yaitu lebih meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar agar mendapatkan minat yang baik dalam belajar, saran bagi guru yaitu memperhatikan kembali dan membantu meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar agar minat belajar siswa berjalan dengan baik, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar dapat meneliti pada bidang yang sama pada kelas yang berbeda juga di sekolah yang berbeda pula. Kata Kunci : Kreativitas, Motivasi Belajar, Minat Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi PRESENTATION |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 06:19 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 06:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |