ARIE DEPIRO, 115060095 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KEBERAGAMAN SOSIAL BUDAYA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.docx Download (73kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
ABSTRAK SELESAI.docx Download (22kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
BAB I FINAL.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB II FINAL.docx Download (100kB) |
|
Text
BAB III FINAL.docx Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
|
Text
BAB IV SELESAI.docx Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
Text
BAB V SELESAI.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA FINAL.docx Download (31kB) |
|
Text
Daftar Riwayat Hidup.docx Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Materi Kenampakan Alam dan Keberagaman Sosial Budaya Melalui Penerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah” dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yaitu hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan serta kurangnya penerapan kerja sama. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu dari faktor guru yang penyampaian materi bersifat textbook oriented dan faktor siswa yang belum biasa berperan aktif serta cenderung hanya menerima informasi dari guru pada saat pembelajaran. Model pembelajaran berbasis masalah adalah suatu model yang menyajikan suatu masalah kehidupan nyata yang diangkat menjadi suatu pembelajaran sehingga merangsang peserta didik untuk belajar. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, analisis, refleksi. Hasil dari penelitian siklus I menunjukan hasil belajar siswa mencapai persentase ketuntasan 60,00% dengan nilai rata-rata siswa 75,33 dan untuk nilai sikap kerja sama dengan nilai rata-rata 77,11. Sedangkan pada siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I mengalami peningkatan hasil belajar siswa mencapai persentase ketuntasan 90,00% dengan nilai rata-rata siswa 83,33 dan untuk nilai sikap kerja sama dengan nilai rata-rata 83,78. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa. Kata kunci : kerja sama, model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 18:23 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 18:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7293 |
Actions (login required)
View Item |