PEBRIANTI RESTI, 205060124 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Permata Biru). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover Skripsi Rescan.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan Skripsi Rescan.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract Skripsi Rescan.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Skripsi Rescan.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda Skripsi Rescan.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1 Skripsi Rescan.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2 Skripsi Rescan.pdf Download (395kB) | Preview |
|
Text
Bab 3 Skripsi Rescan.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
||
Text
Bab 4 Skripsi Rescan.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
||
Text
Bab 5 Skripsi Rescan.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka Skripsi Rescan.pdf Download (438kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan Model Project Based Learning (PjBL) terhadap pemahaman konsep IPA di kalangan peserta didik kelas IV di SDN Permata Biru. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalah dari beberapa peserta didik yang masih kesulitan dalam memahami materi. Penelitian dilakukan dengan desain kuasi eksperimen untuk membandingkan pemahaman konsep IPA antara kelompok yang menggunakan PjBL dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Partisipan penelitian terdiri dari dua kelompok kelas 4, sampel yang diambil berupa sampel jenuh semua peserta didik yang ada di kelas. Kelompok eksperimen menerapkan PjBL dalam pembelajaran IPA selama 4 pertemuan, sementara kelompok kontrol tetap menggunakan metode konvensional selama 4 pertemuan. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep IPA sebelum dan setelah perlakuan, serta observasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Analisis data menggunakan teknik statistik untuk membandingkan skor pemahaman konsep IPA antara kedua kelompok. Hasil dari penelitian ini yang dapat dilihat dari uji regresi linier sederhana yang menyatakan adanya pengaruh pembelajaran menggunakan model PjBL terhadap pemahaman konsep peserta didik. Besarnya pengaruh model PjBL terhadap pemahaman dapat dilihat dari hasil uji effect size sebesar 1,55 yg menyatakan bahwa PjBL sangat berpengaruh terhadap pemahaman konsep terutama materi IPA.Sehingga model PjBL mampu membuat peserta didik menjadi paham dengan materi yang dipelajari dan dapat memberikan wawasan tentang efektivitas PjBL dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA di tingkat sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi para pendidik untuk mempertimbangkan penggunaan pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual dan berbasis proyek dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Kata kunci: Project Based Learning, Pemahaman Konsep IPA.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Sep 2024 06:48 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 06:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70654 |
Actions (login required)
View Item |