PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR

EVI FITRIANI, 115060284 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAGIAN AWAL.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (20kB)
[img] Text
BAB I lanjutan.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB II lanjutan.docx

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
BAB III lanjutan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
BAB IV lanjutan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
BAB V lanjutan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Tema Benda-Benda Di Lingkungan Sekitar” dilatar belakangi karena adanya permasalahan di lapangan mengenai prestasi belajar peserta didik yang sebagian besar belum mencapai ketuntasan minimum serta kurangnya penerapan sikap percaya diri peserta didik selama proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena peserta didik yang tidak terlatih untuk mengembangkan sikap dan belajar mandiri sehingga keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran pun sangat minim. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengadaptasi model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan diantaranya perencanaan, pelaksanaan, analisis dan refleksi. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus I menunjukkan sikap percaya diri peserta didik mencapai nilai rata-rata 3,15 dan prestasi belajar peserta didik mencapai ketuntasan 63,1% dengan kategori cukup baik. Sedangkan pada siklus II sikap percaya diri peserta didik mencapai nilai rata-rata 3,4 dan prestasi belajar peserta didik mencapai ketuntasan 94,7% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sikap percaya diri peserta didik pada siklus II sebesar 0,25 dan prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan ketuntasan sebesar 31,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan sikap percaya diri dan prestasi belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1 Parakanmanggu pada tema benda-benda di lingkungan sekitar. Dengan demikian, model problem based learning (PBL) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: model problem based learning, sikap percaya diri, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 29 Jul 2016 18:01
Last Modified: 29 Jul 2016 18:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7001

Actions (login required)

View Item View Item