FITRIANI AZKIA ASSYIAMI, 205030093 (2024) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA BERBASIS KARIKATUR DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PESERTA DIDIK FASE F DI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstract.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
7. Ringkesan.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (34kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya minat menulis karya sastra pada peserta didik, khususnya pada materi teks drama. Faktor yang menjadi penyebabnya yaitu model dan media pembelajaran yang kurang kraetif dan inovatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik sebelum diterapkan pembelajaran teks drama berbasis karikatur dengan model Project Based Learning (PjBL); 2) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik sesudah diterapkan pembelajaran teks drama berbasis karikatur dengan model Project Based Learning (PjBL); 3) Mendeskripsikan perbedaan kemampuan peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbasis karikatur dengan kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning. Selain itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen kuasi dengan menggunakan tes awal, tes akhir, dan kelompok kontrol. Sedangkan untuk data yang dikumpulkan meliputi data prates dan pascates dari peserta didik kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMA Pasundan 2 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada peserta didik dalam pembelajaran menulis teks drama berbasis karikatur dengan model Project Based Learning. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang didapatkan, yaitu nilai rata-rata dari prates 51,17 menjadi 89,17 pada nilai pascates. Terdapat pula perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata pascates di kelas eksperimen sebesar 89,17, sedang nilai rata-rata pascates di kelas kontrol sebesar 79,58. Kata Kunci: Karikatur, Project Based Learning, Teks Drama
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 01:45 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69584 |
Actions (login required)
View Item |