PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA BERBASIS KARIKATUR DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PESERTA DIDIK FASE F DI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG

FITRIANI AZKIA ASSYIAMI, 205030093 (2024) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA BERBASIS KARIKATUR DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA PESERTA DIDIK FASE F DI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. pengesahan.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (34kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya minat menulis karya sastra pada peserta didik, khususnya pada materi teks drama. Faktor yang menjadi penyebabnya yaitu model dan media pembelajaran yang kurang kraetif dan inovatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik sebelum diterapkan pembelajaran teks drama berbasis karikatur dengan model Project Based Learning (PjBL); 2) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik sesudah diterapkan pembelajaran teks drama berbasis karikatur dengan model Project Based Learning (PjBL); 3) Mendeskripsikan perbedaan kemampuan peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbasis karikatur dengan kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning. Selain itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen kuasi dengan menggunakan tes awal, tes akhir, dan kelompok kontrol. Sedangkan untuk data yang dikumpulkan meliputi data prates dan pascates dari peserta didik kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 SMA Pasundan 2 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada peserta didik dalam pembelajaran menulis teks drama berbasis karikatur dengan model Project Based Learning. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang didapatkan, yaitu nilai rata-rata dari prates 51,17 menjadi 89,17 pada nilai pascates. Terdapat pula perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata pascates di kelas eksperimen sebesar 89,17, sedang nilai rata-rata pascates di kelas kontrol sebesar 79,58. Kata Kunci: Karikatur, Project Based Learning, Teks Drama

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Aug 2024 01:45
Last Modified: 28 Aug 2024 01:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69584

Actions (login required)

View Item View Item