ANJANI, NADIRA FIKA,205030074 (2024) PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MAKER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERORIENTASI KAIDAH KEBAHASAAN PADA SISWA KELAS X SMAS KEMALA BHAYANGKARI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstrak.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstract.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
8. Ringkesan.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
|
Text
15. Daftar Pustaka.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksposisi. Hal ini disebabkan menulis dianggap sebagai keterampilan yang sulit, peserta didik sulit dalam menggembangkan ide dan gagasan, kemampuan peserta didik dalam wawasan kosa kata yang rendah, pembelajaran menulis teks eskposisi cenderung merasa jenuh dan penggunaan metode pembelajaran yang monoton tanpa diiringi dengan media. Salah satu metode yang menumbuhkan peserta didik aktif dalam aktivitas saling bekerja sama dan saling memotivasi untuk lebih meningkatkan keberhasilan yaitu metode student teams achievement divisions. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan metode student teams achievement divisions berbantuan media puzzle maker, kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa ebelum diterapkan menggunakan metode student teams achievement divisions berbantuan media puzzle maker, kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi setelah diterapkan menggunakan metode student teams achievement divisions berbantuan media puzzle maker dan perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi antara kelas eksperimen yang menggunakan metode student teams achievement divisions dan yang tidak menggunakan metode student teams achievement divisions berbantuan media puzzle maker. Metode penelitian yaitu menggunakan metode eskperimen dengan bentuk true experimental pretest-posttest control grup design. Adapun hasil penelitian yaitu : 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan metode student teams achievement divisions berbantuan media puzzle maker dengan nilai 3,84. 2) kondisi peserta didik sebelum diberi perlakuan metode student teams achievement divions berbantuan media puzzle maker. 3) kondisi peserta didik setelah diberi perlakuan metode student teams achievement divions berbantuan media puzzle maker. 4) perbedaan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan metode student teams achievement divions berbantuan media puzzle maker. Kata kunci ; Menulis, Teks Eksposisi, Metode Student Teams Achievement Divisions, Media Puzzle Maker
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 03:44 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 03:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69578 |
Actions (login required)
View Item |