NURALISA PUZI, 205060151 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 210 BABAKAN SINYAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV di SDN 210 Babakan Sinyar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
9. Ringkesan.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (381kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (253kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran, hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai oleh siswa dan penting diketahui oleh guru agar dapat merencanakan kegiatan belajar mengajar secara tepat. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Materi Bab 7 Bagiamana Mendapatkan Semua Kebutuham Kita?. Jenis penelitian menggunakan quasi experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group. Subyek penelitian berjumlah sebanyak 50 siswa di salah satu SDN 210 Babakan Sinyar Kota Bandung. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes pilihan ganda. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa di kelas eksperimen secara keseluruhan mencapai kriteria sangat baik pada setiap pertemuan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning. Hasil perhitungan uji effect size memperoleh nilai sebesar 1,66 dengan interpretasi kuat (besar). Dengan demikian, model Problem Based Learning memiliki pengaruh yang kuat (besar) terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa adanya pengaruh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Problem Based Learning. Hal ini dapat dilihat pada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang mana hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 07:48 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 07:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69506 |
Actions (login required)
View Item |