DISFANA SUCI OCTAVIANI, 205060181 (2024) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI GAYA PADA PESERTA DIDIK DI SD. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terjadinya miskonsepsi pada materi gaya, hal ini terjadi karena pembelajaran yang dilakukan peserta didik hanya sebatas melalui hafalan, kurangnya motivasi belajar peserta didik, Peserta didik kurang dapat memahami materi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik masih miskonsepsi mengenai konsep gaya, pembelajaran masih bersifat teacher centered. Oleh karena itu penelitian ini memfokuskan penggunaan pendekatan Contextual Teaching And Learning melalui media Canva dengan tujuan apakah terdapat pengaruh pada pemahaman konsep materi gaya setelah digunakannya pendekatan Contextual Teaching And Learning melalui media Canva. Untuk mencapai tujuan tersebut maka desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest with non equivalent control group design, yang menggunakan dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrument penelitian dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes berupa pretest-posttest. Teknik analisis yang digunakan untuk mengolah data penelitian adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan Effect Size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan Contextual Teaching And Learning melalui media Canva. Hal tersebut dibuktikan dengan menggunakan uji independen sample t-test, yang memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikansi (0,05), dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan arti bahwa terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Besarnya pengaruh dapat dilihat dari hasil uji Effect Size yang telah dilakukan yaitu dengan memperoleh hasil sebesar 0,868 yang berarti nilai effect size lebih besar dari 0,8 dengan kriteria interpretasi nilai effect size besar. Oleh karena itu peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Contextual Teaching And Learning melalui media Canva dapat meningkatkan pemahaman konsep materi gaya peserta didik SD. Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching And Learning, media Canva, Pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 06:45 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 06:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69281 |
Actions (login required)
View Item |