INDRIANI VINA SOFIA, 205060084 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV SD Negeri Talagasari 1 Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER .pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf Download (45kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Penguji.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (861kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi di SDN Talagasari 1 mengenai hasil belajar IPAS peserta didik pada materi perkembangbiakan tumbuhan kelas IV yang masih rendah. Pada saat pembelajaran, peserta didik kurang fokus dalam belajar sehingga menganggap materi IPAS sulit dan membosankan. Peserta didik juga beranggapan bahwa pada materi perkembangbiakan tumbuhan materi terlalu kompleks dan susah untuk diingat. Model pembelajaran yang digunakan kurang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk aktif dalam belajar. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh dan hasil belajar IPAS materi perkembangbiakan tumbuhan antara kelas yang menggunakan perlakuan model Project Based Learning dengan kelas yang menggunakan model konvensional terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN Talagasari 1 Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen (Quasi Experimental Design). Teknik Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji normalitas, homogenitas, uji independent sample t test dan uji effect size. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan independentsample t test dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dilakukan pula uji effect size didapati hasil sebesar 2,36 dengan interpretasi effect besar karena 0,05 < 2,36 yang berarti dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan pada peserta didik yang menggunakan model Project Based Learning terhadap hasil belajar IPAS materi perkembangbiakan tumbuhan di kelas IV SDN Talagasari 1 Karawang. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 06:38 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 06:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/69280 |
Actions (login required)
View Item |