ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN OLSERA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Iklan Olsera Di Youtube)

Rahadian, Ilyas Aditya (2023) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN OLSERA (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Iklan Olsera Di Youtube). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN OLSERA. Iklan adalah hasil karya yang luar biasa, tidak konvensional, dan menarik perhatian banyak orang karena mencerminkan kreatifitas ide dalam bentuk video dan disajikan sebagai informasi yang disukai oleh beragam lapisan masyarakat. Oleh karena itu peneliti memutuskan untuk menjadikan iklan sebagai objek penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penanda, petanda, dan makna dari kemudahan kasir UMKM di era digital yang terkandung dalam iklan “Olsera di Media Youtube”. Dengan demikian, penelitian bertujuan untuk memahami interpretasi tentang kemudahan kasir UMKM di era digital yang di sampaikan melalui iklan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika berdasarkan konsep dari Ferdinand De Saussure. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan observasi, studi kepustakaan, serta wawancara mendalam. Analisis data dalam pendekatan kualitatif ini melibatkan beberapa langkah, termasuk reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah pada iklan “Olsera Di Media Youtube” memiliki lima belas scene yang mengandung pemaknaan kemudahan kasir UMKM di era digital yang terkandung di iklan “Olsera Di Media Youtube” yang dimana menunjukan mudahnya dalam mengelola usaha melalui aplikasi kasir olsera, dan realitas yang ada pada zaman sekarang kita harus mengikuti kemajuan teknologi digital. Olsera mampu memberikan kemudahan dalam mengelola bisnis dan transaksi jadi lebih efektifitas dan efisiensi apalagi di era digital saat ini. Kata Kunci: Analisis Semiotika, Iklan, Olsera, Youtube

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2023
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:47
Last Modified: 29 Apr 2024 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68959

Actions (login required)

View Item View Item