LISNA SELFIYANI, 105060115 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. JUDUL.docx Download (85kB) |
|
Text
2. AWAL SKRIPSI.docx Download (320kB) |
|
Text
3. BAB I.DRAFT.docx Download (84kB) |
|
Text
4. BAB II.DRAFT.docx Download (1MB) |
|
Text
5. BAB III.DRAFT.docx Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
Text
6. BAB IV. DRAFT.docx Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
|
Text
7. BAB V.DRAFT.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
Abstract
Kata kunci: Discovery Learning, pemahaman konsep, rasa percaya diri Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan rasa percaya diri siswa kelas IV pada tema indahnya kebersamaan, subtema keberagaman budaya bangsaku dengan menerapkan model discovery learning di SDN Babakan Ciparay 16 Kota Bandung. Rumusan masalah utama dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan pemahaman konsep dan rasa percaya diri siswa kelas IV pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku?” Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) jenis kolaborasi. Peneliti bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas IV sebagai observer. PTK ini terdiri dari dua siklus, siklus I sampai dengan siklus II dilakukan dalam dua kali pertemuan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu keberhasilan Proses dan Indikator Keberhasilan Hasil. Penelitian pemahaman konsep siswa dikatakan berhasil jika siswa tuntas mencapai KKM=2,66 atau lebih dan mencapai KKI=85% dari seluruh siswa. Sedangkan untuk rasa percaya diri siswa, KKM=2,66 termasuk predikat B atau lebih dan mencapai KKI=85% dari seluruh siswa. Berikut ini adalah pencapaian siklus I dan II dalam penelitian ini, yaitu:(a) Percaya diri siswa sebelum: Siklus I (63% Baik); Siklus II (67% baik); (b) Percaya diri sesudah: Siklus I (67% Baik); Siklus II (93% baik); (c) Pemahaman sebelum: Siklus I (40% Tuntas); Siklus II (50% tuntas); (d) Pemahaman sesudah: Siklus I (50% Tuntas); Siklus II (87% Tuntas); (e) Tanggapan siswa: Siklus I (63% Baik); Siklus II (97% baik); (f) Aktivitas siswa: Siklus I (57% Baik); Siklus II (87% baik); (g) Aktivitas guru: Siklus I (64% Baik); Siklus II (86% baik). Berdasarkan hasil penelitian diatas, model Discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan rasa percaya diri siswa kelas IV pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku. Saran peneliti kepada pembaca bahwa model Discovery learning menuntut siswa untuk melakukan berbagai pengamatan sehingga membutuhkan bimbingan guru dalam melaksanakan setiap tahap kegiatan khususnya pada siswa yang belum terbiasa menggunakan model ini agar pemahaman konsep siswa dalam diseragamkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 15:57 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 15:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/6810 |
Actions (login required)
View Item |