PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN GABUSKULON 6 KABUPATEN INDRAMAYU (Penelitian Kuantitatif Deskriptif)

Octaviani Natasya Hidayah, 195060006 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN GABUSKULON 6 KABUPATEN INDRAMAYU (Penelitian Kuantitatif Deskriptif). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (840kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (778kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar siswa yang rendah di kelas V SDN Gabuskulon 6 Kabupaten Indramayu, dikarenakan pembelajaran di kelas yang monoton dan hanya menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga mengakibatkan siswa menjadi kurang fokus dan semangat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran di SDN 6 Gabuskulon dan seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN Gabuskulon 6 Kabupaten Indramayu. Metode yang digunakan adalah Kuantitatif Deskriptif. Teknik untuk mengumpulkan data yang dilakukan menggunakan angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan yaitu kelas V terdiri dari 33 responden dan 1 pengajar. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji heterokedastisitas, uji regresi linear sederhana, dan uji anova, dengan menggunakan SPSS 26.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, hasil observasi kegiatan guru menggunakan media pembelajaran interaktif diperoleh rata-rata nilai gabungan observer 1 dan 2 dalam presentase sebesar 81.5% tergolong kategori sangat baik. Begitupun dengan aktivitas kegiatan siswa dalam pembelajaran menggunakan media interaktif mendapatkan skor gabungan kedua observer sebesar 79% yang mencakup kriteria baik. Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa, hal ini diketahui dengan nilai berdasarkan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 6.086 dengan signifikan sebesar 0.00. Nilai signifikan yang menunjukkan 0.00 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Media pembelajaran interaktif, Minat belajar siswa, Kuantitatif Deskriptif

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:39
Last Modified: 10 Oct 2023 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/67065

Actions (login required)

View Item View Item