PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL REASONING ANDPROBLEMSOLVING UNTUK MEMBERI PENGUATANPROFIL PELAJAR PANCASILA DI KELAS VIII SMPN 12 BANDUNG

SURYANTO, LIA INDRIANI, 195030059 (2023) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL REASONING ANDPROBLEMSOLVING UNTUK MEMBERI PENGUATANPROFIL PELAJAR PANCASILA DI KELAS VIII SMPN 12 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER_195030059_LIA INDRIANI S.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING_195030059_LIA INDRIANI S.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI_195030059_LIA INDRIANI S.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_195030059_LIA INDRIANI S.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK_195030059_LIA INDRIANI S.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN_195030059_LIA INDRIANI S.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_195030059_LIA INDRIANI S.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_195030059_LIA INDRIANI S.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
BAB III_195030059_LIA INDRIANI S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV_195030059_LIA INDRIANI S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] Text
BAB V_195030059_LIA INDRIANI S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_195030059_LIA INDRIANI S.pdf

Download (168kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan model reasoningandproblem solving dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi bagi peserta didikkelas VIII di SMPN 12 Bandung. Kurangnya penguasaan dalam menuliskan ide danpesan dalam puisi sering kali dijumpai, sementara menulis puisi adalah salah satuketerampilan menulis yang diminati peserta didik. Metode penelitian yang digunakanadalah kuantitatif eksperimen, dengan melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest kedua kelas diolah menggunakanstatistik deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelas eksperimen, yangmenerima pembelajaran menggunakan model reasoning and problemsolving, memiliki nilai pretest minimum 28 dan nilai posttest maksimum 92. Sedangkan kelas kontrol memiliki nilai pretest minimum 24 dan nilai posttest maksimum72. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 68, sedangkan kelas kontrol adalah 42.13. Dari hasil uji Wilcoxon signed-rank, ditemukan bahwa dalam kelas eksperimen terdapat 1peserta didik yang mengalami penurunan hasil belajar, 28 peserta didik mengalami peningkatan, dan 1 peserta didik yang memiliki nilai yang sama pada pretest danposttest. Sedangkan dalam kelas kontrol, terdapat 4 peserta didik yang mengalami penurunan hasil belajar, 17 peserta didik mengalami peningkatan, dan 9 peserta didikyang memiliki nilai yang sama pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitianini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model reasoning andproblem solving secara efektif dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pesertadidik kelas VIII di SMPN 12 Bandung. Hal ini berkontribusi pada penguatan profil pelajar Pancasila. Kata Kunci : Menulis, Model Pembelajaran Reasoning and ProblemSolving, Profil Pelajar Pancasila, Teks Puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Oct 2023 06:27
Last Modified: 07 Oct 2023 06:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/66936

Actions (login required)

View Item View Item